Pengalaman Beasiswa Monbukagakusho


Pelepasan Awardee Monbukagakusho Research Student G to G 2019

Ucapan Terimakasih

Keberangkatan saya ke Jepang untuk mengemban amanah belajar dengan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho G to G 2019) merupakan hasil dari dukungan, do’a dan bantuan dari berbagai pihak. Pada saat aplikasi, saya berencana akan membagi seluruh pengalaman saya jika pada akhirnya saya betul betul diterima sebagai bentuk rasa syukur saya kepadaNya. Selain itu, saya juga berterimakasih kepada :
  
1. Orangtua dan keluarga besar, yang selalu memberikan restu, dukungan dan do’a dalam setiap momen, termasuk selama proses seleksi berlangsung.
2.    Bapak Ibu Dosen, Guru dan Staff atas segala bantuan, bimbingan dan fasilitas selama saya berkuliah dan bersekolah yang membangun kapabilitas saya dalam melamar beasiswa ini. 
3.    Sahabat dan kolega atas segala dukungan, bantuan, saran dan masukan yang diberikan selama belajar bersama di sekolah dan universitas, dalam masa masa senang dan sulit, juga dalam proses apliaksi beasiswa ini. 
4.    Kakak-kakak Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Jepang dan senior senior di bidang hubungan internasional yang telah bersedia memberikan informasi dan berdiskusi tekait studi HI di/tentang Jepang maupun studi/riset HI secara umum.  
5.    Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan), Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, selaku perwakilan MEXT dalam menyelenggarakan seleksi beasiswa ini di Indonesia. 
6.    Awardee-awardee periode sebelumnya yang dengan rendah hati telah berbagi pengalaman melalui blog, yang membuat saya berkeinginan melakukan hal yang sama. 
7.    Bapak dan abang driver taksi dan ojek online yang memudahkan transportasi dan konsumsi saya selama proses seleksi. 
8.    Serta semua pihak yang secara penting terlibat namun belum tercantum dalam tulisan ini. 

Besar keinginan saya untuk membalas kebaikan kebaikan tersebut. Saya berdoa dan yakin bahwa segala bantuan dan dukungan yang diberikan kepada saya akan kembali dalam kebaikan yang lebih besar di kemudian hari kepada pihak pihak di atas.  

Monbukagakusho G to G Research Student Scholarship

Beasiswa Monbukagakusho (MEXT), atau sering disingkat menjadi monbusho adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang kepada mahasiswa yang akan berkuliah di Jepang, termasuk mahasiswa Indonesia. Disadur dari website Kedutaan Jepang di Indonesia, pihak MEXT memberikan beasiswa kepada mahasiswa Indonesia melalui banyak program :  D2, D3, S1,serta Pascasarjana (Research Students). Selain itu, ada juga program Teacher Training  dan Japanese Studies. Beasiswa ini mencakup biaya studi dan biaya hidup, juga biaya tiket PP beserta pembebasan biaya pembuatan visa pelajar. Untuk lebih detailnya, bisa klik website Kedutaan Jepang di Indonesia atau mengirim e-mail kepada contact person yang tertera di laman tersebut. 

Beasiswa yang saya lamar adalah beasiswa pascasarjana, Research Students G to G. Jadi, pada umumnya walaupun tidak selalu, mahasiswa yang akan kuliah pascasarjana di Jepang (S2 dan S3), tidak langsung menjadi mahasiswa reguler di program S2 dan S3, namun melalui fase non-degree sebagai research student yang terlibat dalam kegiatan riset lab/research group Professor/kepala lab di Jepang. Selama fase research student inilah, kita akan sekaligus melakukan aplikasi ke graduate school untuk menjadi mahasiswa master atau doktoral secara reguler. Periode masa research student cukup beragam tiap kampusnya antara 6-bulan sampai 1 tahun, meskipun beberapa kampus memberikan kelonggaran sampai 1.5-2 tahun. Ditambah 1.5-2 tahun masa studi master, gelar S2 rata rata ditempuh dalam tota waktu 2.5-3 tahun. Memang sekilas terasa cukup lama jika dibandingkan dengan beberapa program master (di negara dan melalui beasiswa) lain yang rata rata ditempuh 1-2 tahun, namun saya rasa pengalaman riset yang didapat dengan waktu yang lebih lama tersebut akan worth it

Dalam skema Research Student pun ada 2 jalur, Government to Government (G to G) dan University to University (U to U). Skema G to G juga sering disebut Embassy Recommendation, yang mana proses aplikasinya dilakukan di Kedutaan/ Perwakilan Diplomatik Jepang masing masing negara. Jalur U to U setahu saya bisa dilamar oleh mahasiswa yang universitasnya memiliki  kerjasama riset dengan universitas di Jepang, jadi proses aplikasinya murni dilakukan universitas yang bersangkutan. Untuk proses apikasi jalur U to U saya tidak terlalu paham, karena memang saya tidak melamar beasiswa ini melalui skema tersebut. 

Dalam serangkaian tulisan di blog ini, saya akan membagikan pengalaman aplikasi saya sejak persiapan awal hingga lolos secondary screening. Pada masa masa persiapan melamar beasiswa ini, saya merasa sangat terbantu dengan tulisan tulisan di beberapa blog awardee dalam aplikasi beasiswa Monbukagakusho G to G sehingga saya bisa mempersiapakannya jauh jauh hari. Saya pun merasa perlu melakukan hal yang sama, terlebih lagi tulisan tulisan awardee tersebut mayoritas didomonasi oleh mahasiswa program saintek. Sehingga, saya berjanji kepada diri saya sendiri untuk membagikan pengalaman sebagai mahasiwa ilmu sosial (hubungan internasional).
Sekedar informasi kepada teman teman, pada saat ini sudah banyak universitas universitas top di Jepang yang membuka program full berbahasa inggris, termasuk universitas universitas yang saya tuju. Jadi, jika kemampuan bahasa Jepang teman-teman masih dalam tahap beginner atau bahkan 0 seperti saya, tetap bisa mendaftar program ini.  

Disclaimer : Segala hal dalam blog ini ditulis berdasarkan pengalaman saya melamar beasiswa ini di tahun 2018 (untuk keberangkatan tahun 2019). Berbagai hal dapat berubah, maka segala informasi yang saya bagikan tidaklah multak. Namun saya harap, pengalaman saya dapat memberikan gambaran umum kepada teman teman yang berencana melamar beasiswa ini di periode periode mendatang. Segala informasi yang membutuhkan jawaban resmi bisa ditanyakan ke pihak Kedutaan Jepang di Indonesia.  

Selain membaca pengalaman awardee, tentu kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kesiapanmu adalah ikut berbagai program mentoring. Jika kamu memerlukan bimbingan intensif untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, seperti Monbukagakusho, kamu bisa mengikuti berbagai program mentoring dari platform-platform terbaik di Indonesia, seperti Schoters. Salah satu program unggulan dari Schoters adalah Study Abroad Academy, dimana kamu akan dibimbing oleh mentor-mentor pilihan untuk mempersiapkan diri dalam seleksi beasiswa dan ujian masuk kampus/universitas manapun sesuai tujuanmu! 

Anyway, follow microblogku di instagram ya!

Ada beberapa tahap yang saya lalui untuk benar benar dinyatakan diterma beasiswa ini :

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Hallo kak Samy! perkenalankan saya Wiwin. saya sudah membaca keseluruhan tulisan kak Samy di blog ini terkait research student, sangat inspritatif dan membantu sekali. saya berniat mengikuti seleksi research student mext 2023, sebelum pendaftarannya dibuka saya ingin curi start menyusun research proposal, saya lulusan pendidikan biologi jadi sebenernya beda jauh dengan jurusan kak Samy tapi saya rasa proposal kak Samy bisa saya jadikan referensi, apabila berkenan bisa kirim ke email saya wiwinsitiwindari09@gmail.com. Sukses selalu kak Samy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak Yoga, salah sebut nama, habis banyak baca blog awardee mext jadi ketuker2 T_T

      Delete
    2. Haloo kak Wiwin. Iyaa gakpapa kakk aku dulu juga ngikutin blognya mas Sammy kokk wkwk. Baik kak, kukirim ke e-mail tertera yaa

      Delete
    3. Halo kak rafyoga. Perkenalkan saya retno. Apabila kak rafyoga berkenan, saya juga ingin melihat research proposal kak rafyoga untuk bahan referensi saya. Saya berencana untuk mendaftar di bidang education kak.. mohon bantuannya kak.. semoga bisa mengikuti jejak kak rafyoga
      . Amin
      terimakasih
      Wulandarir17@gmail.com

      Delete
    4. Halo kak Retno, baik kak. Kukirim ke e-email tertera yaa

      Delete
    5. Halo Kak Yoga, maaf, saya berencana juga untuk mengambil jurusan bisnis tahun ini, apakah saya boleh minta contoh draft research proposalnya sebagai referensi Kak? Kalau boleh tolong ke email zuhrielegi@gmail.com Terimakasih sebelumnya Kak

      Delete
    6. Halo kak Yoga, perkenalkan saya Elegi, saya bermaksud mengambil ilmu sosial juga. Maaf kalau berkenan saya ingin melihat contoh study/research plannya juga sebagai referensi Kak, ke email saya zuhrielegi@gmail.com Terimakasih banyak atas bantuannya Kak

      Delete
    7. Halo kak Elegi. Sudah kukirim ke e-mail tertera yaa!

      Delete
    8. halo kak terima kasih banyak atas sharing2 kaka sangay membantu bgt buat saya yg deadliner ginii. kaak klo boleh saya juga mau baca2 research proposal kk. klo berkenan boleh kirimkan ke email saya annisanyann@gmail.com ya kakk terima kasih sukses selalu✨

      Delete
    9. Halo kak terima kasih atas sharing pengalaman kk yang sangat memotivasi saya dan sangat membantu. Saya juga ingin melihat research proposal kk sebagai referensi saya nantinya, walaupun saya berencana mengambil jurusan dibidang agriculture. jika kk berkenan, saya boleh minta tolong untuk dikirimkan ke email saya kak gustirahmadianti261@gmail.com . terima kasih banyak ya kak

      Delete
    10. halo kak, terima kasih atas sharing pengalaman kk yang sangat memotivasi saya dan sangat membantu. jika berkenan, apakah saya boleh melihat research proposal kk sebagai referensi saya kedepannya walaupun bidang yang saya minati berbeda dengan yg kk ambil. kalau berkenan, apakah saya boleh meminta filenya untuk dikirimkan ke email saya kak gustirahmadianti261@gmail.com . terima kasih ya kak,

      Delete
    11. Halo kak. Terimakasih banyak sudah mampir yaa. Baik, contoh research proposal akan kukirim ke e-mail tertera yaa

      Delete
    12. Halo, kak Yoga, perkenalkan Saya reza dan saya juga sedang dalam proses untuk menambah berbagai informasi beasiswa luar negeri. Apakah saya juga bisa mendapat reasearch proposalnya kak. Jika berkenan saya izin melampirkan Email saya : latifreza2@gmail.com

      Terima kasih banyak sebelumnya kak

      Delete
    13. Halo kak Reza. Baik kak, kukirim ke e-mail tertera yaa

      Delete
  4. Halo kak rafyoga, perkenalkan saya winda. tahun ini saya berencana ingin coba ikut mendaftar program beasiswa mext pada rumpun ilmu sosial. Saya juga ingin melihat research proposal kakak seperti apa untuk menjadi sumber referensi saya. Kiranya kk berkenan bisa kirim ke email saya windaayu966@yahoo.com sukses slalu kak, semoga saya bisa raih mimpi sy spt kk bisa ngerasain kuliah S2 diluar negeri.

    ReplyDelete
  5. Halo kak rafyoga, perkenalkan saya Asep. saya berencana tahun depan ingin coba ikut mendaftar program beasiswa mext . Saya juga ingin melihat research proposal kakak seperti apa untuk menjadi sumber referensi saya (jika diizinkan). dan terimakasih atas tulisannya yang sangat menarik untuk dibaca dan memotivasi saya. terimakasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Halo kak rafyoga, perkenalkan saya Asep. saya berencana tahun depan ingin coba ikut mendaftar program beasiswa mext ilmu sosial. Saya juga ingin melihat research proposal kakak seperti apa untuk menjadi sumber referensi saya (jika diizinkan) asepkurniawann93@gmail.com. terimakasih atas tulisannya yang sangat menarik untuk dibaca dan telah memotifasi saya. salam hangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Asep. Maaf lambat responsenya. Terimakasih sudah mampir ya kak. Untuk proposal, akan dikirim ke e-mail tertera

      Delete
    2. haloo kak rafyoga, saya cherish, saya sedang tertarik dengan program beasiswa mext nih kakk, jikalau boleh, saya juga ingin melihat research proposal kakakk untuk referensi saya, email: fenfei80@gmail.com

      trimakasih kakakk, semangat dan sukses selalu!

      Delete
    3. Baik kak Cherish, kukirim ke e-mail tertera yaa

      Delete
  7. Halo kak Rafyoga, terimakasih sudah menulis pengalaman beasiswa MEXT nya. Senang sekali bisa ketemu blog ini. Tulisan ini sangat bermanfaat terutama untuk saya yang bermimpi ingin kuliah di Jepang. Saya berencana untuk mendaftar beasiswa MEXT tahun ini, Sepertinya agak sulit menemukan referensi research proposal untuk social science. Apakah saya boleh melihat research proposal kakak sebagai referensi untuk saya? jika berkenan untuk dikirim ke email saya:
    sputriajeng@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  8. Halo Kak Rafyoga. Terimakasih banyak sudah mau menulis pengalaman Kakak tentang mendaftar beasiswa MEXT. Alhamdulillah banyak banget ngebantu aku dan bener-bener motivasi aku untuk mau mendaftar beasiswa MEXT tahun ini. Kebetulan aku juga lulusan dari International Relations, dan memang agak susah mencari contoh dan referensi Research Proposal di bidang kami.. kebanyakan di bidang saintek dan literatur.

    Apa boleh saya melihat Research Proposal Kak Rafyoga untuk menjadi referensi saya? Karena jujur saya mentok pada penyusunan Research Proposal.. Jika Kak Rafyoga berkenan untuk dikirim ke email saya:
    saaisirp@gmail.com

    Terimakasih banyak atas semuanya, Kak. Sehat dan sukses selalu, Kak!

    ReplyDelete
  9. Tulisan yang sangat bermanfaat, terimakasih atas informasinya mengenai beasiswa monbukagakusho ini ya kak. Sebelumnya perkenalkan saya Pandu, saya tertarik untuk melanjutkan studi di jepang di bidang IT. Demi memudahkan mendapat beasiswa ini, saya mencoba belajar bahasa jepang disela-sela waktu kuliah dan pekerjaanku. Hingga saat ini baru sampai di level jlpt n5. Rencananya sih saya mau mencoba daftar beasiswa ini di tahun depan saat sudah lulus jenjang sarjana. Sebagai referensi dalam menyusun research proposal nanti, bolehkah saya melihat research proposal milik kakak? jika kakak berkenan untuk mengirim file tersebut ke alamat email saya aga.kirito96@gmail.com
    Terimakasih kak, semoga sukses selalu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kak Pandu. Baik, kukirim ke e-mail tertera ya

      Delete
    2. Halo kak Rafyoga, saya sudah membaca blog yg sangat-sangat inspiratif dari Kaka, jika berkenan sy mau meminta draft proposal Kaka sebagai referensi atau acuan or for example to my next research.. jika Kaka berkenan ini email saya kak. harionogheraldi@gmail.com. Semoga menjadi ladang kebaikan bagi Kaka, amiin

      Delete
    3. Haloo kak. Baik, kukiri ke e-mail tertera yaa

      Delete
  10. Hi Kak! Terima kasih ceritanya sangat inspiratif. Saya ingin bertanya, untuk grup Awardee MEXT itu bisa kita cari di mana ya? Terutama untuk awardee U to U.. Thanks in advance!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo kak. Kalau grup yang sifatnya umum untuk saling tukar informasi sesama applicants waktu itu aku carinya di facebook kak, selama seleksi. Grup ini biasanya sizenya gede banget ribuan orang dari berbagai negara. Tapi kalau grup khusus awardee yang satu angkatan sifatnya private grup di facebook, jadi tidak bisa disearch publicly. Semoga membantu kak!

      Delete
  11. Halo, Kak Rafyoga. Terima kasih atas sharing pengalamannya yang sangat membantu sekali. Bolehkah saya menjadikan Research Proposal Kak Rafyoga sebagai referensi? Jika kakak berkenan untuk mengirim file tersebut, alamat email saya fatlouie19@gmail.com.
    Semoga sehat selalu, Kak! Thank you in advance!

    ReplyDelete
  12. Wah, menemukan dan membaca blog mas Rafyoga. Tidak terasa sudah hampir 4.5 tahun berjalan. Sehat selalu mas. Heru tokyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Heruu! Posisi masih di Tokyo mas? Ditunggu kalau main ke Kobe. Sehat-sehat selalu mas Heru dan keluarga

      Delete
  13. Dear Mas Rafyoga,

    Perkenalkan, saya Bimo Gunarianto. Membaca pengalaman Mas Rafyoga mengikuti program beasiswa MEXT menjadi motivasi bagi saya untuk bisa melanjutkan studi di Jepang. Rencananya, saya akan mengikuti program research student 2024 mendatang untuk program keberangkatan tahun 2025.
    Sebagai referensi dan jika berkenan, apakah boleh jika saya minta Field of Study dan Research Plan-nya Mas Rafyoga ke email saya di bimogunarianto@gmail.com. Terima kasih bantuannya, dan sukses selalu, Mas.

    Salam,
    Bimo Gunarianto

    ReplyDelete
  14. Dear Mas Rafyoga,

    Perkenalkan, saya Bimo Gunarianto. Membaca pengalaman Mas Rafyoga mengikuti program beasiswa MEXT menjadi motivasi bagi saya untuk bisa melanjutkan studi di Jepang. Rencananya, saya akan mengikuti program research student 2024 mendatang untuk program keberangkatan tahun 2025.
    Sebagai referensi dan jika berkenan, apakah boleh jika saya minta Field of Study dan Research Plan-nya Mas Rafyoga ke email saya di bimogunarianto@gmail.com. Terima kasih bantuannya, dan sukses selalu, Mas.

    Salam,
    Bimo Gunarianto

    ReplyDelete
  15. Halo kak Rafyoga, Perkenalkan saya Annisa. Terima kasih atas sharing pengalaman yang sangat membantu dan memotivasi. Jika berkenan, apakah saya boleh meminta Field of Study dan Research Plan kak Rafyoga sebagai referensi. Jika kak Rafyoga berkenan untuk mengirimkan file tersebut, berikut alamat email saya annisa.muqaramah@gmail.com.

    Terima kasih atas bantuannya, Semoga sehat selalu, kak.

    ReplyDelete
  16. Hallo Kak Yoga. Perkenalkan saya Athira. Kak Yoga sebelumnya terima kasih atas sharing pengalaman dan tulisannya, sangat sangat membantu dan selalu saya jadikan acuan. Kak, terkait dengan research plan, bolehkah saya melihat research plan Kak Yoga untuk dijadikan referensi? Jika Kak Yoga berkenan, berikut alamat email saya salsaathira@gmail.com Terima kasih banyak Kak sebelumnya! Semoga studinya dimudahkan dan cepat beres dengan hasil memuaskan, aamiin.

    ReplyDelete

Post a Comment